Berdasarkan hasil analisis yang komprehensif terhadap Rapor Pendidikan, kondisi sekolah, kajian S-W-O-T, isu perubahan iklim, serta penguatan 7 Kebiasaan Anak Indonesia Hebat, sekolah merumuskan kembali arah pengembangan yang ingin dicapai. Seluruh analisis tersebut diarahkan untuk mendukung pencapaian 8 Dimensi Profil Lulusan yang menjadi tujuan utama pendidikan di SDN Kedaung Kaliangke 14.
Melalui rapat bersama dewan guru, tenaga kependidikan, dan komite sekolah, disepakati perubahan visi, misi, dan tujuan sekolah agar lebih selaras dengan kebutuhan murid dan tantangan masa depan. Visi baru yang ditetapkan adalah:
“Terwujudnya Murid Berakhlak Mulia, Berprestasi, Cakap Berteknologi, dan Siap Menghadapi Masa Depan."
Indikator Visi
- Menyelenggarakan pembelajaran mendalam dan penguatan kecakapan teknologi.
- Mengintegrasikan nilai-nilai agama, kebinekaan, dan gotong royong dalam kehidupan sehari-hari melalui program 7 Kebiasaan Anak Indonesia Hebat.
- Menumbuhkan budaya literasi dan numerasi kontekstual yang mendukung kemampuan berpikir logis dan kritis.
- Mengembangkan 8 dimensi profil kelulusan melalui pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
- Meningkatkan mutu pembelajaran melalui komunitas belajar guru, pelatihan berkelanjutan, dan refleksi praktik mengajar.
- Mewujudkan lingkungan sekolah yang aman, inklusif, ramah anak, dan bebas dari kekerasan serta diskriminasi.
- Menyelenggarakan program ekstrakurikuler berkualitas yang mendukung minat, bakat, dan penguatan karakter murid.
- Memperkuat kemitraan antara sekolah, keluarga, dan masyarakat dalam mendukung tumbuh kembang murid secara utuh dan holistik.
Penjabaran Makna Visi Sekolah:
1. Terwujudnya Murid Berakhlak Mulia
Makna:
- Sekolah berkomitmen membentuk murid yang menjunjung tinggi nilai-nilai moral, spiritual, dan etika, baik terhadap Tuhan, sesama, maupun lingkungan.
- Pendidikan karakter menjadi fondasi utama melalui penguatan nilai-nilai religius, jujur, tanggung jawab, toleransi, dan gotong royong dalam kegiatan sehari-hari.
Makna:
- Sekolah mendorong setiap murid untuk mencapai prestasi akademik dan non-akademik secara optimal sesuai dengan potensi dan minat mereka.
- Pencapaian prestasi tidak hanya dilihat dari nilai, tetapi juga dari partisipasi aktif, kreativitas, dan kontribusi dalam berbagai ajang lomba, kompetisi, dan kegiatan sosial.
Makna:
- Murid dibekali keterampilan teknologi digital, termasuk pengantar coding, literasi digital, dan pemanfaatan TIK dalam pembelajaran.
- Sekolah memfasilitasi pemanfaatan teknologi secara produktif, kreatif, dan bertanggung jawab dalam berbagai aspek pembelajaran dan kehidupan sehari-hari.
Makna:
- Sekolah mempersiapkan murid menjadi individu yang adaptif, mandiri, dan siap menghadapi tantangan zaman, baik dalam kehidupan pribadi, sosial, maupun dunia kerja di masa depan.
- Pengembangan 8 dimensi profil kelulusan menjadi pijakan agar lulusan memiliki kompetensi abad 21, seperti berpikir kritis, kolaboratif, kreatif, dan memiliki wawasan kebangsaan serta global.
Indikator Visi
A. Berakhlak Mulia
- Murid membiasakan perilaku sopan, santun, jujur, disiplin, dan bertanggung jawab.
- Murid melaksanakan ibadah sesuai dengan ajaran agama masing-masing.
- Murid mampu menghargai perbedaan dan menjalin hubungan baik dengan sesama.
- Terbentuk budaya sekolah yang religius, berkarakter, dan ramah anak.
B. Berprestasi
- Murid menunjukkan peningkatan hasil belajar dalam semua mata pelajaran.
- Murid aktif mengikuti lomba akademik maupun non-akademik di tingkat sekolah, kecamatan, kota, hingga provinsi.
- Guru dan murid berkolaborasi menghasilkan karya inovatif di bidang seni, olahraga, dan keterampilan.
- Prestasi sekolah meningkat sesuai target indikator mutu pendidikan.
C. Cakap Berteknologi
- Murid mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk mendukung pembelajaran.
- Guru dan murid terbiasa menggunakan platform digital dalam proses belajar mengajar.
- Terlaksana program literasi digital, coding, dan kecerdasan artifisial (AI) di sekolah.
- Murid mampu menggunakan teknologi secara etis, bertanggung jawab, dan kreatif.
D. Siap Menghadapi Masa Depan
- Murid memiliki keterampilan berpikir kritis, kreatif, kolaboratif, dan komunikatif.
- Murid memiliki kebiasaan belajar sepanjang hayat (lifelong learning).
- Murid mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman, termasuk isu lingkungan dan perubahan iklim.
- Sekolah menumbuhkan jiwa kewirausahaan, kepemimpinan, dan rasa percaya diri pada murid.
Misi SD Negeri Kedaung Kaliangke 14
- Menyelenggarakan pembelajaran mendalam dan bermaksa serta penguatan kecakapan teknologi.
- Mengintegrasikan nilai-nilai agama, kebinekaan, dan gotong royong dalam kehidupan sehari-hari melalui program 7 Kebiasaan Anak Indonesia Hebat.
- Menumbuhkan budaya literasi dan numerasi kontekstual yang mendukung kemampuan berpikir logis dan kritis.
- Mengembangkan 8 dimensi profil kelulusan melalui pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
- Meningkatkan mutu pembelajaran melalui komunitas belajar guru, pelatihan berkelanjutan, dan refleksi praktik mengajar.
- Mewujudkan lingkungan sekolah yang aman, inklusif, ramah anak, dan bebas dari kekerasan serta diskriminasi.
- Menyelenggarakan program ekstrakurikuler berkualitas yang mendukung minat, bakat, dan penguatan karakter murid.
- Memperkuat kemitraan antara sekolah, keluarga, dan masyarakat dalam mendukung tumbuh kembang murid secara utuh dan holistik.
Tujuan SD Negeri Kedaung Kaliangke 14
Tujuan akhir yang diharapkan oleh SD Negeri Kedaung Kaliangke 14 dalam pelaksanaan program-program sekolah untuk mewujudkan visi sekolah.
A. Tujuan Jangka Panjang (5 Tahun ke Depan)
- Menghasilkan lulusan yang berkarakter, berprestasi, cakap teknologi, serta memiliki kemampuan berpikir kritis dan kreatif.
- Menjadikan sekolah sebagai pusat pembelajaran yang mengintegrasikan 8 dimensi profil kelulusan dalam semua kegiatan sekolah.
- Mewujudkan sistem pembelajaran yang berbasis data, refleksi, dan inovasi berkelanjutan untuk meningkatkan mutu pendidikan.
- Meningkatkan daya saing sekolah secara akademik dan non-akademik di tingkat kota maupun provinsi.
- Mengembangkan budaya kolaboratif antara guru, murid, orang tua, dan masyarakat dalam menciptakan ekosistem pendidikan yang sehat dan dinamis.
B. Tujuan Jangka Menengah (3 Tahun ke Depan)
- Meningkatnya capaian literasi dan numerasi murid minimal 90% berada pada atau di atas kompetensi minimum.
- Kesiapan seluruh guru untuk mengimplementasikan pembelajaran deep learning serta penguatan teknologi digital.
- Terciptanya lingkungan belajar yang kondusif, aman, dan inklusif bagi seluruh warga sekolah.
- Tumbuhnya budaya reflektif dan pengembangan profesional guru melalui komunitas belajar aktif mingguan.
- Meningkatnya mutu pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler dan pembinaan karakter melalui 7 kebiasaan anak Indonesia hebat.
C. Tujuan Jangka Pendek (1 Tahun ke Depan / TP 2025–2026)
- Meningkatnya capaian kemampuan literasi hingga 96% dan numerasi hingga 86% melalui program pembiasaan dan intervensi akademik.
- Terselenggaranya kegiatan Tes Kemampuan Akademik (TKA) bagi murid kelas 6 sebagai pemetaan pengetahuan dan intervensi belajar.
- Terselenggaranya komunitas belajar guru mingguan serta kegiatan guru berbagi di tingkat sekolah.
- Terlaksananya program Gerakan Sekolah Bebas Sampah Plastik sebagai wujud penguatan karakter dan kepedulian lingkungan.
- Terlaksananya kegiatan literasi dan numerasi harian, serta pembiasaan keagamaan setiap Jumat.
- Meningkatnya kualitas ekstrakurikuler seperti Pramuka, Paskibra, Tahfidz, Tari, Futsal, Silat, dan Marawis melalui pembinaan terstruktur dan evaluasi berkala.
- Terlaksananya minimal 2 sesi pelatihan guru tentang pembelajaran inovatif dan teknologi digital dalam setahun.
Tujuan Strategis SDN Kedaung Kaliangke 14
1. Bidang Akhlak dan Karakter
- Menumbuhkan budaya sekolah yang religius, ramah anak, dan berkarakter sesuai nilai Pancasila.
- Membiasakan murid berperilaku sopan santun, jujur, disiplin, peduli lingkungan, serta menghargai perbedaan.
- Mengintegrasikan pendidikan karakter ke dalam semua mata pelajaran, kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
2. Bidang Prestasi Akademik dan Non-Akademik
- Meningkatkan mutu pembelajaran sehingga hasil asesmen murid di atas standar minimal.
- Mendorong murid aktif dalam lomba akademik, seni, olahraga, dan keterampilan di berbagai tingkatan.
- Menciptakan iklim belajar yang menyenangkan dan menantang, agar murid termotivasi mencapai prestasi optimal.
3. Bidang Teknologi dan Inovasi
- Mengintegrasikan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam semua mata pelajaran.
- Melaksanakan program literasi digital, coding, dan kecerdasan buatan (AI) untuk membekali murid menghadapi era digital.
- Mendorong murid dan guru berinovasi dalam penggunaan teknologi untuk pembelajaran dan karya kreatif.
- Mengembangkan keterampilan abad 21 (4C: Critical Thinking, Creativity, Collaboration, Communication).
- Menumbuhkan kesadaran murid terhadap isu lingkungan, perubahan iklim, dan keberlanjutan hidup.
- Membekali murid dengan jiwa kepemimpinan, kewirausahaan, kemandirian, serta sikap belajar sepanjang hayat.
- Menjalin kemitraan dengan orang tua, masyarakat, dan instansi lain untuk mendukung kesiapan murid menghadapi tantangan masa depan.